Pages

Senin, 11 Desember 2017

Bercerita tentang sebuah hubungan

Ketika saya mulai kembali ngblog, pasti saya bingung deh mau mulai cerita darimana? hehehe karna di kepala saya udah terlalu banyak yang dipikirin hehehe tapi saya coba bikin "daftar pembahasannya" sebelum saya masuk ke topik pembahasan.

1.  Manusia itu? ( Pelajaran PPKN )
2. Kenapa kita harus berhubungan dengan orang lain?
3. Apa dampaknya kalo kita gak berhubungan sama orang lain?
4. Apa sih yang bikin hubungan itu jadi hancur berantakan?
5. Apa solusinya untuk tidak menjadi berantakan di dalam sebuah hubungan yang sudah dibangun?

Sebelum mulai membaca, saya menyarankan kepada anda yang membaca blog ini, harus dibaca sampai habis ya. :) karena biar tau point di dalam isi konten ini.


Apa itu hubungan? Yang selalu saya ingat jaman sekolah SMA pelajaran PPKN ( kalo sekarang masih ada PPKN gak ya? hahaha udah gak update saya ) waktu itu materinya tentang manusia, yang terlintas di otak saya "Manusia selain sebagai makhluk individu, manusia juga sebagai makluk sosial" itu artinya, seintrovert apapun kita, tetep aja butuh belajar tentang "berhubungan dengan orang lain"


Buat orang-orang yang introvert kaya saya ( dulu ), saya yakini lebih nyaman sama dunia sendiri kan dibandingkan harus berinteraksi dengan orang lain? :) tapi coba hal beda deh, lakuin hal yang gak biasa anda lakuin. contohnya? ya berinteraksi dengan orang baru atau lebih banyak berinteraksi dengan orang lain dibandingkan harus sibuk sama dunia sendiri. Saya udah lakuin itu dan rasanya beda bgt. makannya saya buat posting ini karna saya mau menceritakan perbedaannya. hehehe


Masuk ke point ke-2 tentang Kenapa kita harus berhubungan dengan orang lain? setelah saya banyak berinteraksi sama banyak orang, membuat saya jadi pribadi yang berbeda sama yang dulu. pada saat jaman sekolah, saya agak males sih ngobrol sama orang. paling juga ngobrol sama orang-orang terdekat aja sih. hehehe

yang dulunya intovert, sekarang lebih netral sih ( jadi kadang introvert, kadang juga ekstrovert). Hal yang paling utama ketika kita berhubungan dengan orang lain, kita jadi belajar banyak tentang pengalaman dia dan isi kepalanya sih. karna kalo lihat dari penampilan aja apalagi kata orang pasti gak relevan deh :) jadi ada baiknya kita langsung ajak ngobrol orang baru atau orang yang gak biasa kita ajak interkasi sebelumnya.

Dari situ, kita akan mulai paham kenapa kita harus berhubungan dengan orang lain? selain manfaatnya kita bisa dapet informasi dari isi kepalanya, tanpa disadari kita juga membangun relasi(hubungan) pertemanan sama orang yang kita ajak ngobrol.


Masuk ke point ke-3 tentang Apa dampaknya kalo kita gak berhubungan sama orang lain? Well,dampak terbesar kalo kita gak berhubungan dengan orang lain, tentunya kita memiliki keterbatasan relasi dan pengetahuan kita hanya tau seputar yang kita baca,lihat dan dengarkan saja. saya sering ketemu orang-orang yang ngeluh gak punya kerjaan, setelah saya telusuri lagi, penyebab mereka gak punya kerjaan bukan hanya karna skill mereka kurang bagus, justru yang punya skill bagus juga belum tentu dapet kerjakan? :) penyebab terbesarnya sih karna gak membangun relasi(hubungan) dengan orang lain.

Masuk ke point ke-4 tentang Apa sih yang bikin hubungan itu jadi hancur berantakan? Akhir-akhir ini saya mencatat kenapa sih hubungan yang udah dijalin bisa hancur berantakan? hasil analisa saya sih banyak faktor yang bikin hubungan itu hancur berantakan. antara lain :

- Egois

Egois ini masalah yang sering saya temuin di dalam sebuah hubungan. entah si cwenya yang egois atau si cwonya yang egois. intinya kalo sama-sama egois gak akan ketemu jalan keluarnya deh. yang ada hanya saling menghancurkan satu sama lain dan melupakan tujuan awal kenapa hubungan itu dibangun? :)

- Tidak komitmen

Tidak komitmen adalah salah satu cara tercepat untuk menghancurkan hubungan yang udah dibangun :) karen hubungan butuh komitmen yang bagus. kalo tidak ya pasti hancur berantakan. ;)

- Tidak Jujur

Di dalam agama selalu mengajarkan tentang kejujuran, begitu juga dalam hubungan. sering denger ya kalimat "orang jujur pasti ancur?" justru sebaliknya, yang hari ini masih gak jujur sama pasangannya bakal jauh lebih ancur. kaya nempelin bom atom di dalam hubungan. tinggal tunggu meledaknya aja hehehe

- Komunikasi yang kacau balau ( tatan )

Hubungan butuh komunikasi yang jelas. karena dengan komunikasi yang kacau balau, anda akan mendapatkan informasi yang tidak valid dari orang terdekat anda.


Masuk ke point-5 tentang "Apa solusinya untuk tidak menjadi berantakan di dalam sebuah hubungan yang sudah dibangun?" Sebenernya ini adalah kebalikan dari point ke-4 sih hehehe

kalo tidak mau berantakan di dalam hubungan ya jangan egois, harus komitmen,harus jujur dan jaga komunikasi dengan baik.

udah gitu aja sih pembahasannya, makasih yang udah baca sampai sini. saya mau sholat isya dulu. Good luck for your relationship :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates