Pages

Kamis, 17 Agustus 2017

Don't complaining #1

Setelah menuntaskan kuliah S1 Teknik informatika, saya kembali mau blogging tentang hal-hal yang gak mesti di complain dalam hidup.

Sebelum masuk ke pembahasan, saya ingin cerita sedikit tentang kuliah saya sampai akhirnya saya berhasil menuntaskannya. :)

Ketika saya lulus SMA, saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah saya di tempat kuliah yang swasta. entah kenapa saya gak mau ambil negeri. ketika temen-temen sibuk banget ikut SBMPTN,SIMAK UI dll. saya sangat tidak tertarik.

Saya lebih tertarik kuliah di tempat yang dimana pembelajarannya tidak banyak waktu luang. dalam artian full setiap hari belajar. akhirnya saya ketemu STMIK dibekasi. :)

waktu saya sudah memutuskan pilihan kuliah di salah satu STMIK, saya mendengar keluhan dari temen waktu saya les di LIA. dia merasa tidak cocok dengan jurusan Komputer di salah satu Universitas NEGERI. tapi karna dia pengin masuk di salah satu unversitas negeri maka dia jalanin aja kuliahnya.

Kesimpulan : Pilihlah sesuatu yang kamu suka tanpa harus memperdulikan omongan orang lain. pilihan yang baik selalu datang dari dalam diri sendiri dibandingkan harus ngikutin orang.

Lajut baca yuk.......... :)

Awal kuliah, saya mengambil D3 MANAGEMENT INFORMATIKA karna dari jaman SMP dan SMA, saya sudah suka main komputer. saya suka desain grafis atau membuat sesuatu gitu deh di depan laptop saya. hehehe

Selama kuliah, kerjaan saya hanya kuliah,bermain sama temen dan waktu itu masih sempet untuk ngband hehehe ( sekarang sih udah engga )

berjalanlah tuh semester 1-3, di semester 3, saya mulai merasa jenuh dengan kehidupan yang gitu-gitu aja. maksudnya gimana? saya mulai merasa jenuh kalo hanya belajar aja. benar-benar di posisi anak muda yang jenuh sama hidup.

Pada saat semester 3, Bokap sakit parah yang akhirnya mulailah membuka pemikiran saya untuk menjadi pribadi yang mandiri. Pada waktu itu, saya benar-benar mearasa down banget, entah harus gimana caranya saya harus mandiri?

Mulailah dari situ, timbul keinginan untuk menjadi pribadi yang mandiri. keputusan saya waktu itu adalah mencari pekerjaan. karena pada waktu semester 3, pengetahuan saya untuk mendapatkan uang hanya dengan bekerja.

Singkat cerita, saya berjanji sama diri saya sendiri, kalo bapa saya sembuh dari penyakitnya saya harus mandiri. alhamdulillah Allah memberikan kesembuhan bapa saya sehingga membuat saya lebih semangat untuk tidak minta uang ke orang tua saya. :)

Akhirnya, semua pola pikir saya berubah 360 derajat ( suhu kali ah hehehe )

Saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah S1 mengambil jurusan TEKNIK INFORMATIKA dan saya memutuskan ambil kerja dari pagi sampai sore dan ambil kuliah malam.

Saya ingat sekali waktu pertama kali saya melamar kerja, saya memilih bekerja sebagai programmer di dalam satu perusahaan di jakarta dengan gaji yang saya minta sebesar Rp 1.500.000. 

Serius hanya Rp 1.500.000? yap, saya menuliskan di kertas sejumlah itu, karna saya masih polos sekali tidak tau tentang uang dan yang saya pikir waktu itu, saya harus mampu bayar kuliah sendiri dan mencukupi kebutuhan hidup saya sendiri. 

Saya sangat paham kalo orang tua saya pasti support untuk kebutuhan hidup saya, tapi yang saya pikirkan adalah saya tidak bisa menjadi anak muda yang apa-apa selalu minta. saya sudah mulai berfikir seperti itu ketika umur saya 19 Tahun.

Beberapa minggu setelah saya melamar, akhirnya saya dapat telpon dari perusahaan tersebut. dari telpon tersebut memberikan informasi kalo saya diterima kerja. alhamdulillah hehehe

akhirnya, saya datengin tuh perusahaan tersebut dan bertemu dengan manager. saya diberitahu manager tersebut kalo pemilik perusahaan tersebut menambahkan gaji saya sebesar Rp 1.000.000  jadi total gaji saya pertama kali kerja adalah Rp 2.500.000

Saya semakin bersyukur dengan hidup saya. karna buat orang yang baru kerja, dapet uang Rp 2.500.000 pasti seneng hehehe

Setelah diterima di kerjaan, saya mengikuti semua peraturan di tempat kerja tersebut. beruntungnya saya gak mesti pake baju kantor atau jas berdasi hehehe saya cukup memakai kemeja dan celana jeans. saya tipe cwo yang tidak suka pakaian formal hehehe

Selama saya bekerja, impian saya untuk jadi pribadi yang mandiri tercapailah. saya jadi mampu membayar kuliah sendiri, saya jadi mampu mencukupi kebutuhan hidup saya sendiri dan memberikan sebagian rezeki saya untuk mamah saya. Alhamdulillah

dari kebiasan mandiri tersebut masih nempel ke pribadi saya sampai saat ini. :)

Selama saya kerja, saya jarang sekali makan siang di luar kantor, saya lebih memilih membawa makanan sendiri dari rumah hehehe saya di komplain sih sama bokap, "kamu kan udah punya gaji, sisihkan sedikit uangmu untuk makan siang diluar kantor, kalo kamu gak cukup, nanti bapak ganti deh."

Saya cukup mendengar dan berkat "Iya pah," kenyataannya saya tetep meminta mamah saya untuk bawain bekel untuk kerja hahaha uang makan siang saya, saya sisihkan untuk belajar lagi. untuk mengikuti course di luar dari kampus. karna fokus saya waktu kerja adalah meningkatkan skill diri saya.

Lanjut ceritanya......

Selama 3 bulan kerja, saya diterima baik dengan perusahaan tersebut dan banyak memberikan invoasi dibidang saya. saya banyak membuat program-progran untuk client di perusahaan. tapi saya selalu merasa jenuh kalo kerjanya di kantor.

3 bulan pertama, saya ingin sekali keluar dari kantor tersebut karna saya merasa tidak cocok kerja di kantor. setelah saya mengajukan keluar, gaji saya malah di naikkan hehehe akhirnya saya tetap bekerja sambil mempertimbangkan lagi untuk keluar dari kerjaan.

pada saat sudah satu tahun kerja dan waktu itu sudah semester 6, saya mulai mengajukan resign kembali karna saya pikir saya harus menuntaskan kuliah saya. saya harus inget goal awal saya. saya tau persis gimana perasaan sedih saya meninggalkan team saya yang super support bgt sama saya. mereka baik-baik semua dari mulai bagian gudang,bagian bikin produksi,bagian marketing sampai direkturnya pun support bgt.

tapi saya harus tetap menjaga mimpi saya, sampai akhirnya bos saya melepas saya pada waktu itu. saya inget sekali bos saya waktu itu berkata "Kalo kamu mau main-main kesini, dateng aja ya. untuk kedepannya kita kerjasama aja ya jangan putus hubungan"

Saya sangat senang mendengar ucapan bos saya tersebut. itu artinya kredibilitas saya baik di perusahaan tersebut.

Singkat cerita, saya masih dapet orderan pembuatan aplikasi di kantor lama saya. saya benar-benar fokus dengan usaha yang saya jalani sekarang di bidang software development dan Facebook advertising.

Rata-rata, orderan yang masuk hasil dari rekomendasi orang lain. sangat sangatlah bersyukur dengan hidup saya.

Coba anda bayangkan, jika saat saya down bgt sama hidup dan complain sama hidup saya. mungkin saya tidak mampu menuntaskan kuliah saya, mungkin saya tidak mampu menjadi pribadi yang mandiri, mungkin saya masih menjadi anak yang culun tidak tegas terhadap hidup sendiri. berterima kasihlah terhadap masalah yang sedang kita hadapi sekarang. Don't Complaining

Kesimpulan : Ketika anda memutuskan bekerja, bekerjalah untuk mengembangkan skill yang anda inginkan. fokus terhadap tujuan anda kenapa memutuskan ingin bekerja? kalo tujuan anda hanyalah uang, anda tidak akan pernah maju dan tentunya mudah menyerah. kenapa? karena yang anda lihat hanya uang, uang dan uang.

Selain itu, tuntaskan terhadap apa yang anda sudah mulai. saya memulai kuliah dengan keinginan sendiri, itu artinya saya harus bertanggung jawab untuk menuntaskannya juga. Don't complaining.

Perjalanan saya masih panjang, masih banyak cerita terbaik yang harus saya buat kedepannya. nantikan :)






1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat inspiratif sekali mas perjalanan waktu kuliahnya, sekarang berjalan di software develop apa mas? Web atau mobile,, jika berkenan maen maen mas ke web saya warungbelajar.com

Posting Komentar

 
Blogger Templates